» » Hariring Desa Binaan Cinanggela Jilid 2

Pada tanggal 17-20 April 2014 Mahasiswa Pendidikan Sosiologi mengadakan Pengabdian Pada Mayarakat (PPM) di Desa Cinanggela, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Mahasiswa Pendidikan Sosiologi berangkat dari kampus UPI pada tanggal 17 April 2014 pukul 13.00 dengan jumlah 111 orang panitia yang terdiri dari tiga angkatan, yaitu mahasiswa angkatan 2011, mahasiswa angkatan 2012, dan mahasiswa angkatan 2013. Pembukaan Hariring Desa Binaan Cinanggela pada pukul 17.30 WIB di Balai Desa Cinanggela.

Hariring Desa Binaan Cinanggela ini adalah hariring desa untuk kedua kalinya, setelah hariring desa pertama pada satu tahun yang lalu. Desa Cinanggela terdiri dari beberapa dusun diantaranya Dusun Cinanggela, Dusun Legokaso, Dusun Pasir Muncang dan Dusun Banca. Sebagian besar masyarakat Desa Cinanggela berprofesi sebagai petani, pekebun, serta peternak. Hal ini dikarenakan letak geografis Desa Cinanggela adalah dipegunungan atau dataran tinggi.

Desa Cinanggela dipilih sebagai desa binaan menurut ketua Pengabdian Pada Masyarakat yaitu Ivan Rismayanto bahwa, “Desa Cinanggela dijadikan sebagai Desa Binaan HMPS dan Prodi Pendidikan Sosiologi, kita flashback terlebih dahulu pada kegiatan Hariring Desa 1 yang telah dilaksanakan disana. Awal mula pemilihannya karena pada saat itu Desa Cinanggela merupakan salah satu desa tertinggal yang ada di Kabupaten Bandung.

Setelah dilakukan penelitian dan pengembangan oleh kang Edi dan kang Hilman mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2010, dihasilkan bahwa Desa Cinanggela layak untuk sama-sama kita bangun dan kembangkan potensi-potensi yang ada disana. Adapun fokus pengembangan disana, yaitu pengolahan singkong. Pada Hariring Desa 1 telah diadakan seminar mengenai pengolahan singkong dengan pemateri dari Desa Cireundeu, Cimahi. Maka dari itu Hariring Desa 2 dipilih Desa Cinanggela yang merupakan kelanjutan dari kegiatannya sebelumnya, karena pada hakekatnya Desa Binaan itu tidak hanya bisa dilakukan sekali, namun harus ada berkelanjutan”

Pada Hariring Desa 2 ada beberapa acara yang diadakan. Pada hari Jumat, tanggal 18 April 2014 acara yang diadakan diantaranya: pembuatan bak sampah pada dua dusun, yaitu Dusun Pasir Muncang dan Dusun Banca. Pengadaan tong sampah ini dikarenakan minimnya tempat pembuangan sampah yang ada di kedua dusun tersebut, diharapkan dengan diadakannya bak sampah tersebut masyarakat dusun dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, acara seminar diadakan di Balai Desa Cinanggela dengan judul “Seminar Pemberdayaan Masyarakat, Sharing Wirausaha, dan Penyuluhan Pupuk” yang diisi oleh tiga pemateri yang kompeten dibidangnya. Pertandingan olahraga tenis meja pun diadakan untuk memupuk rasa solidaritas dan kekeluargaan diantara warga Desa Cinanggela maupun warga Desa Cinaggela dengan mahasiswa Pendidikan Sosiologi.

Acara pun berlanjut hingga hari Sabtu dengan acara yang berbeda. Pada tanggal 19 April 2014 diantaranya penyuluhan sikat gigi kepada siswa kelas satu dan penggambaran tong sampah oleh siswa kelas tiga yang diadakan didua Sekolah Dasar, SDN Cinanggela dan SDN Pasir Nangre. Penyuluhan Sikat Gigi dimentori oleh Ibu Bidan Siti Khusnul Khotimah. Sedangkan acara “Fun Learning” siswa kelas delapan diadakan didua SMP, yaitu SMP Al-Mutazam dan MTS Ulul Albab,
“Fun Learning” adalah pembelajaran dengan metode yang menyenangkan, “Fun Learning” diadakan pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris dengan metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Pada siang harinya perlombaan berbasis islami diadakan di Mesjid Al-Muhtar,

perlombaan CCQ (Cerdas Cermat Qur’an), pildacil, dan pukul bedug. Masyarakat Desa Cinanggela sangat antusias dalam mengikuti perlombaan dari berbagai kategori. Terbukti dari banyaknya peserta yang mendaftarkan diri pada setiap perlombaan dan masyarakat yang antusias untuk menonton dan mendukung peserta yang sedang mengikuti perlombaan. Untuk pemenang dari berbagai kategori perlombaan akan diumumkan pada malam harinya di acara Cinanggela Festival.

Pukul 19.30 WIB ternyata tidak kalah antusiasnya, masyarakat Desa Cinanggela dari berbagai dusun telah berkumpul di halaman Mesjid Al-Barokah Dusun Pasir Muncang untuk menyaksikan acara Cinanggela Festival yang dibuka acaranya langsung oleh Kepala Desa Cinanggela. Cinanggela Festival ini merupakan acara puncak dari Hariring Desa Jilid 2, dalam acara festival ini diadakan penampilan Tari Saman oleh UK Tari Mahasiswa Pendidikan Sosiologi dan berbagai perlombaan, diantaranya lomba fashion show anak-anak, lomba tari, dan lomba marawis. Peserta perlombaan datang dari berbagai dusun dan menampilkan jenis perlombaan yang baik dan menghibur. Acara Cinaggela Festival diakhiri dengan pengumuman pemenang dari perlombaan-perlombaan tersebut.

Pada hari Sabtu, tanggal 20 April 2014 Hariring Desa Binaan Cinanggela di tutup oleh Kepala Desa Cinanggela di Balai Desa Cinanggela pada pukul 09.00 WIB, namun sebelumnya diadakan bersih-bersih di Balai Desa Cinaggela dan Mesjid Al-Muhtar oleh mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Semoga Hariring Desa Binaan Cinanggela Jilid 2 dapat bermanfaat bagi masyarakat Desa Cinanggela maupun bagi mahasiswa Pendidikan Sosiologi.
-TIM MADING, SS

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: